Blog

Pada umumnya meningkatkan kemampuan atau skill dilakukan dengan proses pembelajaran, training atau pelatihan. Hal ini wajar dilakukan mengingat professionalitas sangat diperlukan ketika anda bekerja.

Akan tetapi, bagaimana dengan anda yang tidak mempunyai kesempatan untuk belajar atau masuk dalam ranah pelatihan, tentu hal itu menjadi sedikit masalah, namun tidak perlu khawatir, sebab saya akan memberikan penjelasan mengenai cara ampuh meningkatkan kemampuan kerja walaupun tanpa latihan khusus.

1. Otodidak

Otodidak yang saya maksud disini adalah belajar sendiri dengan kemampuan dan pemahaman yang anda miliki. Tes dan uji coba otodidak yang anda lakukan tentu akan berbeda dengan mereka yang menggunakan jasa tertentu, namun jika anda cermat, bukan tidak mungkin anda menjadi sosok karyawan yang mampu bersaing. (Baca Juga: 6 Alasan Karyawan Mengundurkan Diri dari Pekerjaannya)

2. Bertanya kepada mereka yang berpengalaman

Jangan pernah ada kata “Malu” untuk belajar, sebab inilah yang membangkitkan motivasi anda untuk terus berusaha menjadi yang terbaik. Untuk meningkatkan kemampuan kerja anda, maka tidak ada salahnya jika anda banyak bertanya kepada teman atau siapa saja yang sudah berpengalaman dibidang pekerjaan yang sama dengan anda. (Lihat Juga: Cara Efektif Mendapat Pekerjaan dengan Mudah)

3. Planning

Buatlah sebuah planning anda tentang jadwal kerja untuk kedepannya, sebab dengan planning tersebut anda akan diarahkan untuk mengerjakan sesuatu yang berbeda atau penambahan sistem kerja baru yang bisa saja membuat professionalitas anda semakin meningkat tajam.

4. Menerima Nasehat

Terkadang setiap karyawan mendapatkan kritik atau nasehat dari atasannya terkait dengan pekerjaan yang dia lakukan, nah bagi anda yang ingin kemampuan kerja anda meningkat, maka sebaikanya anda tampung atau terimalah nasehat itu, sebab dengan nasehat itulah anda akan tahu apa saja yang harus anda perbaiki atau yang harus anda tingkatkan. (Jangan lupa membaca: Mau Karir anda Tetap Sukses? Lakukan 5 langkah Berikut ini!)

5. Jangan Malu

Jangan malu berbuat atau bereksperimen walaupun nantinya anda akan mendapat ledekan, sebab dengan begitu anda akan terus termotivasi untuk melakukan kerja yang semakin professional, hal ini sama dengan semboyan “Maju terus pantang Mundur”.

Mungkin ini saja yang dapat saya perjelas, semoga artikel ini menjadi manfaat bagi kita semua. Sebenarnya masih banyak poin-poin untuk meningkatkan kemampuan kerja anda, tapi setidaknya dengan 5 poin diatas jika dilakukan dengan baik dan benar, mudah-mudahan kerja anda akan terus meningkat secara signifikan.

 

Navigation Menu

Our Portfolio

OMEGA Recruitment Indonesia has served across all major industry sectors : Telecommunication, Construction, Chemical, Manufacture, Financial, Mining, Printing, Property, Hotel, Plantation, IT, Shipping, Trading, Education, etc. We have recruited professionals at the Management, Senior and Executive Levels in many disciplines and various position (CEO, CFO, Director, Country Manager, General Manager, Project Manager, Site Manager, QS Manager, Sales/Marketing Manager, IT Manager, Structural Engineer, Accounting/Finance Manager, Financial Controller, HR Manager, Secretary, etc.) for national and multinational companies.

Get In Touch

  • Jl. Gilimanuk Raya No. 56
    Daan Mogot Baru, Jakarta, 11840, Indonesia
  • +62-21-6194502
  • +62-21-5418166
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.