Blog

Head hunter adalah istilah yang digunakan untuk menyebut para konsultan yang jasanya dipercaya oleh para perusahaan untuk mencari para senior executive dengan keahlian spesifik dan khusus, yang tidak bisa atau jarang ditemukan dengan iklan lowongan kerja biasa.

Dikalangan profesional atau high level executive, ada kebanggan tersendiri jika mereka sudah dihubungi oleh head hunter. Hal tersebut menandakan bahwa reputasi, kredibilitas dan prestasi kerja mereka dikenali dan dibutuhkan. Karena itulah telepon dari head hunter sering kali diidentikkan dengan kabar gembira bagi para eksekutif karena besar kemungkinan mereka akan ditawari pekerjaan yang mungkin saja lebih baik dan memberikan kompensasi lebih.

Cara Head Hunter Mencari Kandidat ? Setelah mendapatkan kualifikasi spesifik mengenai posisi yang dibutuhkan dari HRD perusahaan, head hunter akan mulai berburu kandidat yang sesuai. Memang umumnya sebuah perusahaan executive search sudah membangun network yang cukup kuat sebelum mereka mulai menerima tugas dari klien, akan tetapi masih ada kemungkinan tidak memiliki database kandidat yang cocok.

Beragam cara bisa dilakukan seorang konsultan untuk riset kandidat. Kreatifitas adalah kuncinya. Memasang iklan di media cetak terkemuka atau website yang sudah ternama bisa jadi salah satu pilihan. Sama halnya dengan referensi yang seringkali jadi sumber informasi kandidat yang efektif. Perusahaan kompetitor bahkan bisa jadi sumber informasi database yang besar bagi para head hunter.

Bukan tidak mungkin kandidat yang awalnya bekerja di perusahaan kompetitor akhirnya pindah ke perusahaan saingannya karena tawaran yang lebih menggiurkan. Inilah yang membuat head hunter sering dijuluki “pembajak”. Cara Kerja Head Hunter? Tanggung jawab head hunter tidak berhenti walaupun sudah mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi yang diisyaratkan perusahaan. Interview sebagai seleksi awal masih harus dilakukan untuk memastikan bahwa kandidat memiliki kepribadian dan karakter yang sesuai dengan posisi tersebut.

Setelah head hunter memastikan bahwa kandidat mereka qualified, barulah nama dan CV kandidat tersebut dikirim ke klien. Selanjutnya head hunter akan mengatur jadwal interview potential candidate dengan klien dan menindaklanjuti hasil wawancara tersebut. Apakah yang Dibutuhkan untuk Menjadi Head Hunter yang Ideal? Tidak ada gelar akademis khusus yang harus dimiliki seseorang untuk terjum ke profesi ini. Yang pasti, seorang konsultan executive seach harus memiliki communication skill yang baik, memiliki network atau jejaring yang luas, mampu menyelami karakter, menggali kompetensi dan keahlian seorang kandidat untuk melakukan penyeleksian awal. Konsultan juga harus memiliki kemampuan riset yang baik. Seringkali klien berasal dari bidang yang tidak terlalu popular sehingga ia dituntut untuk bisa mendalami suatu bidang tertentu melalui riset.

Riset bisa dilakukan melalui internet, referensi, bahkan terjun lagsung kelapangan. Tantangan di Bidang Head Hunter Seringkali kandidat yang di approach oleh head hunter tidak pernah mendengar istilah head hunter atau executive search. Beberapa dari mereka bahkan curiga saat dihubungi. Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan head hunter dan kesempatan baik yang dibawa oleh para konsultan kepada para profesional. Sama halnya dengan kepercayaan dari klien.

Tidak semua HRD perusahaan familiar dengan jasa head hunter dan seringkali tidak mengerti mengapa mereka harus menggunakan jasa mereka. Saat berusaha mendekati kandidat yang potensial, terutama mereka yang sudah berada di level top executive, seperti CEO,CFO, seringkali mengalami kesulitan untuk menembus birokrasi yang panjang sebelum akhirnya bisa bicara langsung.

Bagaimana Prospek Profesi Ini di Masa yang Akan Datang? Dengan proses rekrutmen untuk senior atau top executive yang bisa berlangsung panjang dan seringkali rumit, kehadiran head hunter atau executive search sangat membantu. Terutama perusahaan-perusahaan besar yang operasionalnya bergerak dengan dinamis, head hunter dengan kekuatan data base, jejaring dan research skill membantu mendapatkan kandidat dengan ketepatan hingga 90 %, dalam waktu yang cukup singkat.

 

Dimasa yang akan datang akan makin banyak perusahaan yang menyadari bahwa untuk mendapat kandidat top executive yang berkualitas mereka tidak harus menjalani seluruh proses rekrutmen yang seringkali panjang. Head hunter bisa membantu menghemat waktu, tenaga dan effort dengan hasil hasil yang baik.

 

Posted by : Tris Susanti Dewi, 23 Agustus 2013 11:34:46

Navigation Menu

Our Portfolio

OMEGA Recruitment Indonesia has served across all major industry sectors : Telecommunication, Construction, Chemical, Manufacture, Financial, Mining, Printing, Property, Hotel, Plantation, IT, Shipping, Trading, Education, etc. We have recruited professionals at the Management, Senior and Executive Levels in many disciplines and various position (CEO, CFO, Director, Country Manager, General Manager, Project Manager, Site Manager, QS Manager, Sales/Marketing Manager, IT Manager, Structural Engineer, Accounting/Finance Manager, Financial Controller, HR Manager, Secretary, etc.) for national and multinational companies.

Get In Touch

  • Jl. Gilimanuk Raya No. 56
    Daan Mogot Baru, Jakarta, 11840, Indonesia
  • +62-21-6194502
  • +62-21-5418166
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.