Blog

Banyak orang yang tidak begitu mengerti mengenai pekerjaan Head Hunter... Apakah termasuk Anda juga? Dibawah ini beberapa pertanyaan yang sering timbul seputar Head Hunter berikut jawabannya:

HeadHunter01(Tanya) Kenapa sih jasa Head Hunter diperlukan, padahal kan sudah ada HRD di perusahaan, bukankah seharusnya mereka yang mengurus rekrutmen?

(Jawab) Betullll ada HRD, tapi mereka punya keterbatasan source dan database. Umumnya setelah melakukan berbagai usaha, seperti : beriklan di surat kabar, mailing list, melakukan pendekatan ke beberapa kandidat, jika kemudian hasilnya nihil, mereka akan beralih kepada Head Hunter untuk mencarikan orang-orang yang tepat untuk menduduki posisi tertentu;

 

(Tanya) Apakah perusahaan Head Hunter sama dengan perusahaan outsourcing?

(Jawab) Ya dan tidak. Jika kata "outsourcing" di sini diartikan sebagai rekanan hotel dalam mencari orang yang tepat di posisi tertentu, maka jawabannya : ya...Head Hunter adalah outsourcing pihak hotel/perusahaan dalam rekrutmen. Tetapi jika kata "outsourcing" di sini diartikan sebagai perusahaan rekanan perusahaan dalam jasa pengerahan tenaga kerja (seperti : Security atau Cleaning Service), maka Head Hunter bukan perusahaan sejenis itu.

 

(Tanya) Apakah keuntungan menggunakan jasa Head Hunter bagi si pelamar, bukankah lebih efisien jika langsung melamar ke perusahaannya?

(Jawab) Memang betul kerugian dari menggunakan jasa Head Hunter dalam melamar pekerjaan, proses jadi bertambah panjang dan memakan waktu yang lebih lama. Namun ada beberapa keuntungan yang bisa didapat, antara lain : ada yang merekomendasikan lamaran Anda, sehingga lamaran Anda lebih dilirik oleh pihak Manajemen perusahaan yang dituju, Head Hunter juga membantu komunikasi antara Anda dengan pihak perusahaan karena tidak mungkin kan Anda menelepon HRD-nya menanyakan status lamaran Anda terus menerus? Selain itu, pihak Head Hunter yang baik membantu meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda memiliki kualifikasi seperti yang mereka cari, dst. Selain itu, Head Hunter akan selalu mengupdate vacancy2 menarik yang ada di perusahaan mereka. Malah, Head Hunter bisa saja tiba-tiba menelepon Anda dan menawarkan pekerjaan yang menarik....

 

(Tanya) Siapa saja yang bisa menjadi pelamar di Head Hunter?

(Jawab) Tergantung perusahaannya. Ada perusahaan Head Hunter yang hanya mengkhususkan diri untuk jabatan Manajer ke atas. Tetapi ada juga yang membuka diri untuk semua jabatan, dari Staff hingga Manajerial level.

 

(Tanya) Apa saja persyaratan untuk melamar di Head Hunter?

(Jawab) Persyaratannya sama dengan melamar di hotel, yaitu : Curriculum Vitae, Foto serta data-data pelengkap, seperti : Surat Referensi atau Surat Keterangan Kerja.

 

(Tanya) Apakah dibutuhkan biaya untuk melamar?

(Jawab) Tergantung Head Hunternya. Umumnya Head Hunter tidak memungut biaya bagi pelamar. Biaya rekrutment dibebankan sepenuhnya kepada pihak perusahaan pemakai.

Begitulah sekelumit informasi mengenai Head Hunter. Bersiaplah ditelepon oleh Head Hunter...siapa tahu bisa meningkatkan karier Anda!

 

Navigation Menu

Our Portfolio

OMEGA Recruitment Indonesia has served across all major industry sectors : Telecommunication, Construction, Chemical, Manufacture, Financial, Mining, Printing, Property, Hotel, Plantation, IT, Shipping, Trading, Education, etc. We have recruited professionals at the Management, Senior and Executive Levels in many disciplines and various position (CEO, CFO, Director, Country Manager, General Manager, Project Manager, Site Manager, QS Manager, Sales/Marketing Manager, IT Manager, Structural Engineer, Accounting/Finance Manager, Financial Controller, HR Manager, Secretary, etc.) for national and multinational companies.

Get In Touch

  • Jl. Gilimanuk Raya No. 56
    Daan Mogot Baru, Jakarta, 11840, Indonesia
  • +62-21-6194502
  • +62-21-5418166
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.